-->

Cara Menernak Lovebird Dan Merawat Anak Lovebird Baru Menetas

Cara Menernak Lovebird - Menernak burung lovebird sebuah usaha yang bisa sangat menjanjikan, dengan banyaknya peminat burung di pasaran. Burung lovebird pula menjadi burung primadona di kalangan masyarakat indonesia. Bagi kalian yang berminat Cara Ternak Lovebird dan ingin menggeluti usaha menernak burung lovebird ini, banyak opsi lainya juga yang bisa di jadikan seperti beternak burung kenari, murai kacer dan banyak juga. Kalian haru jeli dalam menggeluti usaha ini.


Cara Menernak Lovebird Dan Merawat Anak Lovebird Baru Menetas

Saya akan memberikan sedikit tips Cara Ternak Lovebird, akhir ini banyak peminat burung lovebird. Bukan hanya di kota-kota saja yang memilikinya bahkan di kampung juga sama berminat untuk memilikinya, dan berminat untuk membudidayakannya.

Berternak burung lovebird ini bisa di bilang susah-susah gampang, tapi bagi kalian yang sudah punya skill Cara Beternak Lovebird atau yang sudah berpengalaman maka itu tidak akan sulit. Untuk membudidayakan burung lovebird ini harus extra keras berusaha dan belajar, terutama dalam hal perawatan dan gangguan lain pada burung lovebird.

Bagi seorang yang ahli peternak biasanya memiliki trik sendiri untuk cara budidaya lovebird. Burung lovebird ini berasal dari benua afrika, lovebird ini bersifat monogami dan bisa di kembangkan secara poligami. Burung ini memiliki suara ocehan yang berkarakter mempunya suara khas tersendiri.

Baca Juga: Jenis Love Bird Dan Harganya Dari Yang Termurah Hingga Yang Termahal

Bagi kalian yang ingin sukses beternak lovebird, kalian harus mengetahui beberapa faktor yang sangat penting dan mendukung kesuksesan beternak burung lovebird ini di antaranya sebagai berikut.


Cara Menernak Lovebird Dan Merawat Anak Lovebird Baru Menetas

Cara Menernak Lovebird

Memilih Jenis kelamin Lovebird
Bagi breeder pemula, memilih dan membedakan jenis jantan dan betina terkadang sangat sulit. Dan bagi yang sudah ahlipun terkadang masih kecele. Walaupun demikian, kalian tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips cara membedakan lovebird jantan dan betina, silahkan kalian simak di antaranya adalah:
  • Pada burung yang betina biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pada jantan, tapi biasanya ukuran kepala betina lebih kecil dari pejantan.
  • Burung betina pada umumnya memiliki pinggul yang lebih lebar untuk bertelur.
  • Perbedaan lainnya yaitu pada saat bertengker, kaki burung betina akan sedikit renggang dari pada burung pejantan.
  • Tidak semua burung lovebird berpasangan dengan lawan jenis ada juga yang berpasangan dengan sesamaa jenis.
  • Burung betina bentuknya akan lebih bulat dan berisi.
  • Suara burung betina pun lebih panjang .
Usia Produktif
Pada umumnya burung pejantan siap membuahi pada umur 8 bulan, sedangkan burung betina pada umur 1 tahun inilah yang disebut dengan usia yang ideal.

Menentukan Tujuan Breeding
Cara beternak lovebird yang benar dengan memilih indukan yang berkualitas bagus. Jika ingin memiliki anakan dengan suara yang bagus, maka harus mempunyai indukan betina yang memliki suara bagus pula. Tapi jika anda ingin memiliki anakan yang memiliki  warna bulu yang bagus, sebaiknya anda mencoba metode poligami yaitu satu pejantan dijodohkan dengan beberapa betina asal lebih dari satu.

Kandang Lovebird
Cara beternak lovebird bagi pemula agar mudah pengembangbiakannya sebaiknya dalam satu kandang hanya di isi dengan satu betina dan satu pejantan saja, dan sudah di sediakan tempat untuk bertelur. Untuk mengisi tempat bertelur bisa memakai rumput kering, potongan  kain, dan yang sejenisnya. Pasang juga tempat untuk bertengkernya.

Mengawinkan Lovebird
Cara ternak lovebird agar cepat bertelur dengan memilih indukan pejantan dan betina yang sudah mencapai usia ideal. Masukan sepasang lovebird didalam satu kandang, perhatikan sampai terjadinya perkawinan. Hasilnya bisa dilihat anara 3 sampai 10 hari setelah terjadinya perkawinan. Untuk waktu mengeram berlangsung antara 22 sampai 25 hari, untuk proses ini jangan menganggu indukan kecuali anak burung di abaikan oleh induknya.

Makanan Anak Lovebird
Untuk pakan anak burung lovebird biasanya kita banyak temukan di toko-toko burung, tapi jika anda kesulitan untuk pakan burung anak lovebird bisa di gantikan dengan bubur SUN bayi. Dan berikan vitamin untuk kesehatan anak burung.

Cara menggunakan bubur SUN bayi sangat sederhana, pertama kalian siapkan dulu bubur SUN dan tambahkan air hangat aduk hingga encer. Kalian bisa menggunakan tabung suntik tanpa jarum untuk memeberikan adukan bubur ke dalam mulut anak burung lovebird.

Sekian informasi tentang cara Cara Menernak Lovebird, jika kalian suka silahkan share ke media sosial dan kalin juga boleh memberikan kritik atau saran dan tulis di kolom komentar. Terimakasih

Cara Menernak Lovebird Dan Merawat Anak Lovebird Baru Menetas